Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Jatim paparkan Sibermata Desa sebagai LMS (Learning Management System) dalam penyusunan Grand Design Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD), di Hotel Haris, Jakarta pada 25 Oktober 2023.

LMS (Learning Management System) adalah upaya dari pemerintah pusat untuk menginovasi sistem pembelajarannya dalam hal ini Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa - Kementerian Dalam Negeri mempunyai tugas dalam pelaksanaan pembinaan umum dan koordinasi, fasilitasi serta pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penataan desa, penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa, pengelolaan keuangan dan aset desa, produk hukum desa, pemilihan kepala desa, perangkat desa, pelaksanaan penugasan urusan pemerintahan, kelembagaan desa, kerjasama pemerintahan, serta pelaksanaan pemantauan evaluasi dan pelaporan desa.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Jatim, Mochamad Wahyudi, S.STP, M.Si, memaparkan Sibermata Desa. Sibermata Desa merupakan Sistem Belajar Mandiri Tata Kelola Desa yang merupakan inovasi yang diperuntukan untuk aparatur desa di seluruh Provinsi Jawa Timur, berbasis internet dengan pendekatan belajar dan evaluasi mandiri.

Sibermata Desa dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Jatim, dalam upaya mendukung implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 73 Tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa (PKAD). Sibermata Desa berisi modul-modul belajar yang terkait langsung dengan kebutuhan pengembangan kapasitas aparatur desa dan regukasi terkait desa.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.