Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur mengunjungi dan mengamati TTG Unggulan karya inovator Asriafi Ath Thariq yakni Niki Pupuk Kompos (NPK), asal Lumajang 28 Maret 2024.

Tahun 2024 Ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur Kembali Mengadakan Lomba TTG Dan Posyantekdes Tk Provinsi. Dalam Kunjungan Penilaian Lapang kali ini, Tim Penilai Dari Provinsi Jawa Timur Berkesempatan Mengunjungi Dan Mengamati TTG Unggulan karya inovator Asriafi Ath Thariq yakni Niki Pupuk Kompos, asal Lumajang 28 Maret 2024.

Inovasi yang dikembangkan ini dipadukan dengan teknologi terbarukan dengan penambahan biochar (arang) dan cocopeat (sabut kelapa) sebagai nilai tambah dan pembeda dari produk kompos lainnya. Inovasi ini hadir menjawab permasalahan seperti kelangkaan dan mahalnya harga pupuk serta adanya kebijakan pencabutan pupuk subsidi oleh pemerintah.

Beberapa manfaat yang didapat dari NPK ini antara lain memperbaiki kualitas tanah pertanian karena dapat menyerap residu tanah dari penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, menetralkan PH tanah, meminimalkan pencemaran kotoran/limbah ternak yang tidak diolah dengan baik dan meningkatkan nilai ekonomi limbah pertanian dan peternakan.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.