Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Jalin Matra Belikan Kambing Dan Ayam Untuk Kartijem


Malang - Kartijem (60), janda satu anak dan satu cucu ini setidaknya tidak lagi berharap dari mencari Ketela untuk menghidupi keluarganya. Program Jalin Matra Pemprov Jatim baru saja memberinya bantuan dana segar untuk memberikannya kambing dan ayam untuk diternak.



Warga Desa Kedung Salam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang itu, 10 tahun terakhir harus berjuang sendiri menghidupi dua anggota keluarganya. Suaminya meninggal dunia karena sakit keras. Di rumahnya yang semi permanen, Kartijem tinggal bersama anaknya bernama Yuliana dan seorang cucu bernama Fikianian.


Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Katijem mencari ketela di ladang. Jika beruntung, Kartijem bisa mendapatkan ketela yang dicari. Namun jika tidak, terpaksa puasa, karena persediaan ketela hanya untuk cucunya.

Pendamping sempat menawarkan Kartijem. Usaha lainnya seperti berjualan makanan dan sebagainya, namun Kartijem bersikukuh untuk tetap membelikan bantuan program Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan itu untuk membeli ternak ayam dan kambing. "Saya punya lahan dan banyak rumput untuk mengembangkan ternak kambing dan ayam," kata Kartijem.

Bagi Kartijem, usaha beternak kambing dan ayam adalah usaha yang sangat realistis,  karena kondisi alam dan lingkungan serta kemampuannya, memang mendukung untuk usaha tersebut.

Harapan Kartijem, adalah bantuan ini bisa bermanfaat, tidak hanya untuknya, tetapi untuk generasi penerus keluarganya. (Bakti Riza Hidayat/red)
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.