Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Ternak Kambing Jalin Matra Untuk Hidupi Dua Janda

Blitar - Watinah dan Tonayah hidup di satu rumah sederhana di Desa Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Ibu dan anak itu sama-sama berstatus janda yang kini sedang membesarkan seorang anak yang masih di sekolah dasar.
Watinah, si Ibu tidak bisa lagi bekerja, dia hanya mampu membantu Tonayah membesarkan cucunya dan merawat kambing titipan tetangga di rumah. Sementara Tonayah berprofesi sebagai buruh tani lepas, yang penghasilannya tidak menentu setiap harinya.
Bahkan untuk memberi uang saku sekolah anaknya, Tonayah mengaku tidak bisa setiap hari. "Seadanya saja, kadang tidak diberi uang saku, anak saya biasa diberi uang oleh gurunya," kata Tonayah.
Selain dari upah sebagai butuh tani, penghasilan dua janda itu tergantung dari hasil titipan ternak kambing. Perjanjian ternak kambing dengan tetangganya, jika kambing tersebut memiliki dua anak, salah satu anaknya milik Tonayah. Dari hasil menjual kambing bagi hasil itulah Tonayah bisa memenuhi sebagian kebutuhan hidup ibunya, dan anaknya.
Tahun ini, Ibu Tonayah, Watinah tercatat sebagai penerima bantuan kegiatan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Program Jalin Matra Pemprov Jatim. Dia meminta bantuan tersebut diwujudkan berupa ternak kambing, karena itulah satu-satunya keahlian yang bisa dilakukan agar bantuan bisa berkembang
Keduanya berharap, bantuan tersebut berkembang sehingga bisa membantu kebutuhan, khususnya untuk biaya sekolah anaknya. "Biar anak saya tidak bernasib sama seperti saya dan neneknya," pungkas Tonayah. (Ahmad Zainur/red)
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.