Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Ternak Bebek Mulai Bertelur, Penghasilan Yahmin Bertambah

Kediri - Yahmin, penerima program Jalin Matra RTSM dari Desa Badas, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri beberapa pekan terakhir terlihat gembira. Puluhan ekor bebek yang diternaknya mulai bertelur. Penghasilan Yahmin pun bertambah.

Dari sekitar 17-19 butir telur bebek yang dijualnya setiap pagi, Yahmin mendapat pemasukan Rp 50 hingga 60 ribu. "Alhamdulillah sudah mulai bertelur, jadi ada tambahan penghasilan buat keluarga saya," katanya.

Sebelum mendapat bantuan Jalin Matra, Yahmin hanya menernak enam ekor bebek. Meski sudah bertelur, hasilnya masih kurang cukup untuk membeli pakan ternak. "Kalau dulu dicukup-cukupkan untuk membeli pakan ternak," terang Yahmin

Kini Yahmin memiliki sekitar 40 bebek yang diternak di halaman belakang rumahnya. Bantuan Program Jalin Matra RTSM yang diterimanya sebesar Rp 2,5 juta beberapa bulan sebelumnya dibelikan 35 ekor bebek yang kini sudah bertelur. Selain menjual telur bebek, dia juga berpeluang menjual daging bebek jika kelak usaha ternaknya terus berkembang.

Yahmin adalah satu dari puluhan RTSM di Desa Badas Kecamatan Badas yang memperoleh bantuan Program Jalin Matra RTSM pada 2015. Selain untuk usaha ternak, bantuan RTSM oleh warga Badas digunakan untuk berbagai usaha seperti ternak kambing, merancang, dan usaha kerajinan kayu. (sal)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.