Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Dibantu Jalin Matra RTSM, Aminah Jadi Pengecer LPG

 

 

Lamongan - Tumpukan LPG 12 kilogram terlihat menumpuk di warung milik Aminah, warga Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan sejak beberapa bulan terakhir. LPG tersebut dibelinya dari bantuan program Jalin Matra kegiatan RTSM Pemprov Jatim 2015.

 

Dari total bantuan Rp 2,5 juta, sebagian besar oleh Aminah dibelikan LPG untuk dijual kembali. Sisanya digunakan untuk menambah modal usaha warungnya.  "Lumayan, seminggu bisa 40 unit LPG habis terjual. Uangnya diputar untuk menambah modal warung, sebagian buat kebutuhan keluarga," katanya.

Dari warung yang dimilikinya selama ini, Aminah merasa banyak kekurangan, apalagi suaminya hanyalah seorang kuli batu yang berpenghasilan pas pasan. "Suami hanya sebagai kuli batu. Penghasilannya sedikit dan tidak tetap," terangnya. Aminah bersama puluhan warga Desa Jotosanur dibidik menjadi target program Jalin Matra kegiatan RTSM. Program ini menyelamatkan warga kategori hampir miskin agar tidak semakin terpuruk menjadi berstatus miskin.

Hingga 2018, program ini menyasar 42.857 RTSM di 398 Desa pada 164 Kecamatan di 28 Kabupaten. Objek sasaran program Jalin Matra Bantuan RTSM. Secara umum, sasaran program diprioritaskan kepada RTSM yang belum pernah memperoleh bantuan program Jalin Kesra.

Hasil evaluasi tim dari Universitas Airlangga Surabaya pada 2014 menunjukkan, bahwa bantuan kepada RTSM 100% telah diterima dan termanfaatkan sesuai dengan identifikasi kebutuhan RTSM, sehingga Program Jalin Matra Bantuan RTSM layak untuk dilanjutkan secara multi years, dengan memperhatikan kesesuaian aspek teknis dan kearifan lokal.(red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.