Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

600 Desa Dibidik Jalin Matra Pada 2016

Surabaya - Program Jalin Matra membidik 600 desa di seluruh kabupaten di Jawa Timur pada 2016. Desa-desa tersebut adalah lokasi tiga kegiatan Jalin Matra, yakni Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2).

Kata Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur, Drs Tajul Falah MSi, saat membuka sosialisasi Program Jalin Matra 2016 pekan lalu, dari 600 desa tersebut, 67 desa diantaranya untuk program Jalin Matra RTSM, 372 desa program Jalin Matra PFK, dan 161 desa untuk program Jalin Matra PK2.

"Untuk Jalin Matra RTSM sasarannya 10.132 RTSM, sementara Jalin Matra PFK 11.769 Kepala Rumah Tangga Perempuan," jelasnya.

Sejumlah pakar, akademisi, dan instansi terkait hadir dalam sosialisasi tersebut membawakan sejumlah materi, diantaranya, Dekan FISIP Universitas Negeri Airlangga Surabaya, Ketua LPPM Universitas Brawijaya Malang, Ketua LP2M Universitas Negeri Malang, Bappenas, Bappeda Provinsi Jatim, BPKAD Provinsi Jatim, dan Inspektorat Provinsi Jatim.

Kata Tajul, Pemprov Jatim patut berbangga, karena beberapa waktu lalu, program Jalin Matra kegiatan PFK masuk dalam 99 besar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2016 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

Program inovasi pemberdayaan Pemprov Jatim itu mengalahkan 2.377 program inovasi yang didaftarkan dari unsur kementerian, lembaga, provinsi, kabupaten, kota dan BUMN. Dari lingkungan Pemprov Jatim, selain Program Jalin Matra dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), juga ada delapan program inovasi lainnya yang masuk Top 99 Sinovik 2016.

Delapan program itu diantaranya, program menjebol dokumen kapal dari Dinas Perikanan dan Kelautan, Program "SINTA” atau Sistem Inter-Operabilitas Database Jembatan Timbang dengan UPKB dari Dishub dan LLAJ, Mlm Pasung "Cara Cepat Jawa Timur Bebas Pasung" dari RSJ Menur, dan Layanan Samsat On The Spot (SOS) KB. Samsat Karang Ploso dari Dispenda. (red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.