Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

JALIN MATRA TERIMA PENGHARGAAN TOP 99 DARI MENPAN RB

Surabaya - Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) yang digawangi Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Pemprov Jatim, menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Penghargaan itu diserahkan kepada Kepala Bapemas Pemprov Jatim, Drs Zarkasi MSi dari Menpan RB, Yudhi Chrisnandi, di Gedung Jatim Expo, Kamis (31/3/2016).

 

Selain kepada Program Jalin Matra, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah pimpinan SKPD yang programnya masuk juga dalam Top 99 Inovasi pelayanan publik. Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, juga mendapatkan penghargaan yang sama. Konsep Jatimnomics yang diusungnya dinilai menjadi solusi menghadapi ekonomi global.

Menpan RB, Yudhi Chrisnandi, dalam sambutannya mengapresiasi banyak program provinsi Jatim yang masuk dalam Top 99. ”Jatim bisa menjadi contoh yang baik bagi semua provinsi karena inovasi-inovasi Jatim diakui secara nasional dengan masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Public Nasional Tahun 2016,” katanya.

Dia meminta, setiap pemerintah provinsi maupun kota/kabupaten agar terus memperbanyak serta mendorong inovasi dibidang pelayanan publik, yang diharapkan dikemudian hari bisa diakui secara internasional. Dengan adanya pengakuan internasional berarti membuktikan semakin meningkatkan dunia internasional terhadap Indonesia dan efeknya adalah menjadi pendorong masuknya arus modal ke Indonesia.”Dan secara bersamaan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sementara Pakde Karwo menuturkan, kunci utama kesuksesan sekarang adalah meningkatkan daya saing. Daya saing bisa ditingkatkan dan semakin kuat apabila semua pihak bisa satu frekuensi dalam meningkatkan pelayanan publik. “Meningkatkan daya saing adalah pilihan penting. Dan kuncinya adalah memberikan pelayanan terbaik. Hal tersebut merupakan jantung dari daya saing,”ujarnya.

Selain Program Jalin Matra, pelayanan publik tingkat provinsi Jatim yang masuk di Top 99 antara lain, Promag (Jawa Timur Pro Magang Kerja), Under Water Restocking Peningkatan Potensi Sumber Daya Ikan Melalui Penebaran Benih Ikan di Dasar Laut, Klinik UMKM Jatim Model Solusi Nasional Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, Apel Baja (Aplikasi Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa), Brawo Pala Indonesia Bermutu,Solusi Menghilangkan Notifikasi Pala Indonesia, dan Ini lo Pakde Inovasi Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah.

Selain itu juga SINTA (Sistem Operabilitas Database Jembatan Timbang dengan UPKB), Layanan Samsat On The Spot (SOS) KB Samsat Karang Ploso, MLM Pasung (Cara Cepat Jawa Timur Bebas Pasung), Persalinan Lancar dan Nyaman dengan STIPUTS BRA (Stimulus Putting Susu Bra), serta Kuberseri (Kusta Diberantas dengan Serologi). (sal)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.