Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Sani, Penjual Sayur Yang Disuplai Modal Jalin Matra

Bondowoso - Ibu Sani adalah Kepala Rumah Tangga Perempuan yang tinggal di Desa Sumber Gading Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Beliau adalah seorang penjual sayuran di pasar.

Dengan jarak tempuh kebih dari 5 kilometer, Ibu Sani berjalan selangkah demi selangkah menuju pasar, tempat dimana dia mencari sumber kehidupan untuk diri dan keluarganya.

Ibu Sani adalah kepala rumah tangga perempuan yang memiliki 2 orang anak, yang satu masih menempuh jenjang pendidikan tingkat dasar. Dengan modal seadanya, Sani membeli sayuran ke tengkulak setiap harinya. "Hasilnya sedikit tapi dikumpulkan untuk menghidupi keluarga dan 2 anak yang sedang sekolah," katanya.

Ibu Sani berangkat ke pasar di pagi hari sehabis subuh menuju pasar dengan berjalan kaki dengan membawa beban berat di kepalanya. Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang satu ini tidak pernah mengenal lelah meski harus berjuang berjualan sayuran di pasar dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, baginya ini adalah beban hidup yang harus dijalaninya demi diri dan keluarganya.

"Saya yakin suatu saat anak saya akan menjadi kebanggaan bagi saya, saya harus terlihat kuat di depan mereka meski rasanya semua itu melelahkan,” katanya.

Tahun lalu, Sani masuk dalam daftar KRTP yang diberi bantuan modal oleh Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Pemprov Jawa Timur senilai Rp 2,5 juta.

Dari bantuan tersebut, Bu Sani lebih banyak membeli sayur yang dijualnya ke pasar. Hal itu juga membuatnya penghasilan bertambah. "Syukur alhamdulillah. Penghasilan saya jadi bertambah 150 ribu kalau pas ramai pembeli," jelasnya. (Saihul/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.