Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Dapat Bantuan Jalin Matra, Suparti Buka Warung Pecel

Tulungagung - Suparti, KRTP warga RT 03 RW 01 Dusun Tempel Desa Tanggulkundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung kini memiliki warung baru. Warung itu berkat bantuan modal dari Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Pemprov Jatim.

Sebelum membuka warung pecel, Suparti menjadi buruh tani dan serabutan dengan penghasilan seadanya. Pekerjaan itu dilakukannya untuk menghidupi keluarga, setelah dia ditinggal suaminya 20 tahun lalu.

Penghasilan setiap harinya berkisar antara Rp15.000,00 sampai Rp20.000,00 sehingga kalau dikalkulasi dalam sebulan hanya berkisar antara Rp450.000,00 sampai Rp600.000,00 sehingga dengan penghasilan seperti itu hidup Ibu Suparti hanya pas-pasan, hanya cukup untuk dimakan dan keperluan lainnya sebagai pemenuhan kebutuhan primer saja.

Beliau menjanda sudah 20 tahun karena suaminya meninggal dunia. Saat itu anak-anak Ibu Suparti memang sudah berkeluarga semua, dan sekarang beliau tinggal bersama anak yang nomer dua yaitu Muhammad Sudaryanto yang memilki anak tiga.

Mengetahui dirinya tercatat sebagai penerima bantuan modal Program Jalin Matra 2018, Suparti mengusulkan bantuan senilai Rp 2,5 juta itu digunakan untuk membuka usaha jualan nasi pecel dan ternak kambing. Beliau memilih usaha ini karena bisa dagang nasi pecel dekat dengan SD dan Madrasah Diniyah.

Rencana ini memang rencana yang sangat diidamkan oleh Ibu Suparti beberapa waktu yang lalu namun tidak punya modal untuk memulai usaha ini. Sementara ternak kambing dipilih karena selama ini sudah biasa memelihara kambing.

Kini kehidupan ekonominya berangsur membaik setelah program Jalin Matra memberinya modal untuk usaha. "Alhamdulillah sehari bisa mendapatkan 100 ribu kalau ramai, palung sedikit 50 ribu. Terima kasih Jalin Matra," katanya.

Pesan Ibu Suparti, agar Program ini bisa berkelanjutan dan berkesinambungan untuk masa yang akan datang, karena masih banyak para janda di Desa Tanggulkundung yang belum tersentuh oleh program ini dan program ini dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat akar rumput seperti Ibu Suparti. (Alinurmawan/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.