Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

LIGHT TRAP INSECT – LAMPU PERANGKAP HAMA

Untuk bisa bertahan serta meningkatkan hasil pertanian, para petani dituntut terus berinovasi sebaik mungkin. Salah satu upaya yang coba dilakukan yakni dengan mempercanggih alat pertanian, misalnya lampu perangkap hama yang biasa disebut LTI (light trap insect) yang dibuat oleh Pak Susanto, salah satu inovator Teknologi Tepat Guna (TTG) yang tinggal di Desa Gandu, Kec. Bagor, Kabupaten Nganjuk.

Lampu ini berfungsi sebagai pengundang hama disaat malam hari, mengundang hama untuk mendekati lampu yang akhirnya jatuh pada bak perangkap yang sudah diisi air dan diterjen yang akhirnya hama akan mati. Selain praktis, desain seperti ini juga lebih aman karena menggunakan arus (listrik) yang bersumber dari tenaga matahari. Pemanfaatan bisa untuk bawang merah, padi, kedelai, sayur mayur, hingga tanaman perkebunan.

Untuk perhitungan efisiensi pada tanaman padi, biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan LTI setiap 1 hektar adalah Rp. 970.000 per-musim, sedangkan menggunakan pestisida adalah Rp. 3-5 jt per-musim.

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.