Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Mereka Yang Berjualan Rujak Dari Bantuan Jalin Matra

Surabaya - Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan Pemprov Jawa Timur banyak mendukung usaha mikro kecil Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) penerimanya. Salah satunya adalah mendukung usaha penjualan makanan rujak.

Siapa yang tidak mengenal menu makanan Rujak Cingur? Rujak Cingur merupakan menu khas masyarakat jawa timur yang ternyata memiliki banyak manfaat. Bahan utamanya yang berupa sayuran hijau menjadikan rujak cingur memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan konsumsi 1 porsi rujak cingur Mbok Ni seharga 5000 rupiah sudah dapat mencukupi 50% kebutuhan serat harian, sangat murah sebagai bentuk investasi kesehatan.

Suparni (49) atau lebih akrab dipanggil Mbok Ni merupakan salah satu KRTP dari Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk. Sehari-hari bekerja berjualan Rujak Cingur dan aneka macam gorengan di depan rumah sederhananya.

Selain Suparni, KRTP warga Desa Kesilir Dusun Silirsari, Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, Samrotun juga memanfaatkan bantuan Program Jalin Matra PFK untuk mengembangkan usaha penjualan rujaknya. Selain berjulan rujak, cenil, lanun, orog-orog, lupis, grontol, pecel.

KRTP di Pulau Garam Madura juga memanfaatkan bantuan Jalin Matra PFK untuk mengembangkan usaha rujaknya. Motisa, KRTP asal Desa Sendang, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan bahkan mendesain menu Rujak dengan Soto.

Ciri khas rujak soto Bu’ Motisa ini ada pada kuah soto warna kuning dengan daging ayam dan sapi yang dipotong-potong. Untuk rasa rujak soto ini tidak jauh berbeda dengan rasa rujak soto kebanyakan. Di rujak soto ini porsi tauge dan sayuran yang diberikan cukup banyak.

Warung ini berada di pertigaan Jalan Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur. Warung Rujak Soto Bu’ Motisa menyediakan rujak soto yang begitu lezat kental serta es campurnya.  Jika Anda berencana mau ke Bangkalan dan mampir ke warung ini, jangan lupa untuk datang antara pukul sembilan pagi hingga sembilan malam. (Ajie/Irmaikaim/bilrindang/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.