Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Mbah Suki, Pembudidaya Bunga Yang Dibantu Jalin Matra

Tulungagung - Mbah Suki adalah salah satu KRTP dari Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo. Saat ini usia dari Mbah Suki sudah 71 tahun, tapi beliau masih semangat dalam bekerja dan menjalankan usahanya yaitu budidaya bunga. Usaha ini sudah beliau jalani sudah lama dengan dibantu anak dan cucunya.

Sebelum mendapatkan bantuan Jalin Matra PFK beliau sudah menjalankan usahanya dalam budidaya bunga yang sudah berjalan. Setelah mendapatkan bantuan Jalin Matra PFK, Mbah Suki mengaku senang sekali karena bisa menambah macam-macam bunga yang lain yang bisa dibudidayakan lagi.

 

Sehingga saat ini budidaya bunga di tempat Mbah Suki semakin banyak macamnya, dan konsumennya juga semakin banyak. Untuk jenis bunganya ada asoka, rombusa, mirten, mawar, melati dan masih banyak lagi.

Untuk harga bunganya rata-rata Rp. 7.000 per bunga. Di tempat budidaya bunga Mbah Suki ini sudah terkenal, terutama untuk Desa Mulyosari sendiri. "Syukur sekarang penghasilan bertambah karena yang dijual semakin banyak," kata Mbah Suki.

Di lokasi lain, seorang KRTP juga sedang bahagia karena produk pertaniannya semakin banyak pembeli setelah mendapatkan Bantuan Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Pemprov Jawa Timur.

Ibu Sari Emi, KRTP asal Desa Seneng Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, menanam berbagai macam sayuran sebagai tanaman unggulan-tanaman. Sehari harinya, dia bertani sayuran di desa yang berlokasi di dataran tinggi. Cuacanya sangat sejuk jadi cocok untuk segala macam jenis sayuran.

Ibu Sari Emi langsung menjual hasil pertaniannya ke tetangga dan kadang tengkulak. Sayuran yang dijual dari hasil berkebun sendiri masih segar, selain itu sayuran yang dijual beliau terkenal akan kebersihannya karena sebelum dijual beliau mencucinya sayurannya dulu hingga bersih, hal inilah yang menjadi daya tarik membeli. Selain itu ibu sari emi juga terkenal ramah dan bersaja kepada setiap orang membuat beliau di senangi oleh tetangga dan orang orang sekitar.

"Bantuan Program Jalin Matra membuat usaha saya semakin maju, sehingga penghasilan pun terus meningkat. Terima kasih Jalin Matra," ucapnya. (Marlina/faisolef/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.