Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

99 Hari Kerja, Gubernur Jawa Timur

Buka Jambore BUMDesa sekaligus Launching Klinik BUMDesa

Provinsi Jawa Timur, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, menyelenggarakan Jambore BUM Desa 2019 di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Jambore BUM Desa yang baru pertama kali diselenggarakan ini dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, dan dipusatkan di ecowisata Boonpring milik BUM Desa Sanankerto, Sabtu (4/5/2019).

Selain Jambore BUM Desa juga dilaunching Klinik BUM Desa dan pameran produk unggulan BUMDes se Jawa Timur, diikuti  BUM Desa perwakilan dari 29 kabupaten dan 1 Kota Batu. Jambore menjadi ajang berkumpulnya pengurus, pendamping desa, kepala desa dan kepala DPMD se-Jatim untuk bertukar pengalaman.

Kegiatan diawali sarasehan di Balai Desa Sanankerto, Turen, pada Jumat (3/5) malam, menampilkan narasumber Kokok Erkoyo (BUMDes Kujati Perdana, Pandaan, Pasuruan) dan  Agus (Ketua BUM Desa Bersama Singosari, Malang). Dalam sambutan sarasehan Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, M.Si, mengatakan, Jambore BUM Desa merupakan salah satu bukti kepedulian Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, terhadap BUM Desa yang tercermin dalam Nawabakti satya, bhakti  jatim berdaya.

Sebelum pembukaan Jambore BUM Desa, didahului talk show tentang karya BUM Desa dengan tema meningkatkan perekonomian desa di Jawa Timur melalui pemberdayaan BUM Desa. Talk show menghadirkan tiga narasumber, yakni Karina Yunita dari Kanwil BNI Malang, Arief Triastika Manager Regional Relation CSR PT. HM Sampoerna dan Najik Umar, Pimpinan Sub Divisi Kredit Bank UMKM Jatim.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan pembukaan Jambore mengatakan, melalui BUM Desa penguatan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru bisa dilakukan di setiap desa. Selain itu, keberadaan BUM Desa juga akan meningkatkan dana desa. “Kreativitas dan inovatif masyarakat desa juga semakin besar, sehingga akan memotivasi perguruan tinggi, ataupun dunia usaha dan industri untuk berlomba melakukan pendampingan,” kata Khofifah.

Gubernur Jatim menyerahkan hadiah dan penghargaan untuk juara 6 BUM Desa terbaik jawa timur  tahun 2019. Termasuk bantuan penanggulangan kemiskinan kepada tiga kepala desa, serta 300 paket santunan sembako untuk masyarakat miskin. Pembukaan Jambore BUMDes dan Klinik BUMDes ditandai dg menekan tombol sirine bersama. Dengan didampingi Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Gubernur menyempatkan meninjau stand pameran produk unggulan BUM Desa se jatim dan pasar tradisional Bum Desa Kerto Raharjo Desa Sanankerto kec. Turen Kab. Malang. (*)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.