Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Jalinmatra RTSM Beri Warkop Untuk Rif'an Si Buruh Pabrik

 

Lamongan - Muhammad Rif'an tidak lagi bingung mencari tambahan penghasilan untuk kebutuhan keluarganya. Karena Program Jalinmatra RTSM Pemprov Jatim pada 2015 lalu memberinya bantuan dana untuk membuka Warung Kopi (Warkop).

 

 

Tidak hanya kopi siap minum yang disajikan warga Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan ini. Di Warkop yang dibangun di samping rumahnya, Rif'an juga menjual jajanan untuk anak-anak, berbagai minuman dan nasi bungkus. "Kalau ada yang minta nasi bungkus ya saya carikan," kata Rif'an.

Belakangan, warung Rif'an bertambah ramai, karena menjadi pusat tongkrongan warga desa dan tempat jujukan anak-anak sekolah yang membeli makanan ringan. Karena semakin banyak pembeli, dia pun harus menyediakan lebih banyak lagi produk makanan dan minuman yang. Modal awal sebesar Rp 2,5 juta pun terus berkembang.

Sebagai seorang buruh pabrik, penghasilan Rif'an dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan biaya sekolah anak-anaknya. "Hasil Warkop lumayan bisa untuk membantu biaya sekolah. Saya berharap bantuan dari Pakde Karwo ini bisa terus berkembang," harapnya.

Rif'an adalah satu dari puluhan warga Desa Jotosanur yang masuk kategori RTSM. Dia menjadi target Program Jalinmatra RTSM untuk mendapatkan bantuan Rp 2,5 juta. Hingga 2018, program ini menyasar 42.857 RTSM di 398 Desa pada 164 Kecamatan di 28 Kabupaten. (ach)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.