Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Sinovik 2016

Pakde Karwo Singgung Jalin Matra Sebagai Ilustrasi Jatimnomics

Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo hadir langsung dalam presentasi hari pertama Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2016 di kantor Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Senin (29/2/2016).

Dalam presentasinya terkait Jatimnomics, gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu menyinggung program Jalin Matra sebagai salah satu instrumen Jatimnomics. Kata Pakde Karwo, bentuk intervensi untuk RTSM di Jawa Timur sebagian besar bersifat pemberdayaan, dan hanya sebagian kecil yang bersifat bantuan atau charity," katanya.

Intervensi tersebut kata Pakde Karwo merupakan wujud keadilan yang diberikan oleh pemerintah sebagai institusi yang harus hadir di tengah persoalan masyarakat.

Selain kepada RTSM, prinsip  keadilan dalam konsep Jatimnomics menurutnya juga hadir dalam kebijakan fiskal yang berbeda terhadap unit bisnis di berbagai level.

Pada bisnis segmen besar, Pemerintah cukup memfasilitasi saja dengan cara menjamin kelangsungan investasi melalui kemudahan perijinan dan kepastian keamanan usaha. Sementara, segmen UMKM perlu distimulasi melalui kemudahan fasilitas pinjaman lunak.

"Terakhir, mereka yang di kelompok miskin lah yang perlu mendapat intervensi melalui program Jalin Matra," jelasnya.


Program Jalin Matra Pemprov Jatim tercatat masuk dalam Top 99 Sinovik 2016 yang digelar KemenPAN RB. Program inovasi pemberdayaan Pemprov Jatim itu mengalahkan 2.377 program inovasi yang didaftarkan dari unsur kementerian, lembaga, provinsi, kabupaten, kota dan BUMN. Dari lingkungan Pemprov Jatim, selain Program Jalin Matra dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), juga delapan program inovasi yang masuk Top 99 Sinovik 2016. (red)


 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.