Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur

Pande Besi Di Malang Juga Akses Modal Dari Jalin Matra

Malang - Membutuhkan tambahan modal untuk membesarkan usahanya, seorang Pande Besi di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang memilih meminjam modal dari Program Jalin Matra Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2).

Alasan Ivandik, seorang pande besi yang sehari-hari memproduksi sabit untuk petani itu, karena meminjam modal di program yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Jawa Timur itu mengenakan bunga sangat murah dan tidak memberatkan bagi usaha kecil seperti dirinya. "Saya pinjam 2 juta, bunganya cuma 1 persen," katanya.

Agar dapat mengakses bantuan Jalin Matra PK2, Ivandik bergabung menjadi anggota kelompok masyarakat (Pokmas) Pisang Emas di desanya, yang berada di bawah naungan BUMDesa Sumbertangkil.

Kondisi usahanya berubah setelah mendapatkan bantuan Program Jalin Matra PK2 tahun lalu. Produksinya kini bertambah menjadi 40 hingga 50 unit setiap harinya. Ivandik kini juga mempekerjakan tiga orang karyawan untuk membantu kegiatan produksi sabit.

Melalui program Jalin Matra PK2, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berniat untuk menolong kelompok masyarakat rentan yang berada pada desil 2 dan 3 agar tidak terperosok ke dalam jurang kemiskinan, atau kelompok desil 1.

Secara esensial, rumah tangga hampir miskin yang berada di desil 2 dan 3 adalah rumah tangga yang dalam kesehariannya sebenarnya relatif cukup mampu dalam mencukupi kebutuhannya, tetapi jika ada kebutuhan lain yang lebih mendesak, mereka akan mengalami kesulitan dalam memenuhinya.

Sesuai Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Jalin Matra PK2 juga dimaksudkan sebagai upaya untuk memperkuat posisi desa dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa, memajukan perekonomian masyarakat desa, serta mengatasi kesenjangan pembangunan. (lutfi/red)

 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.