Selamat Datang di Website resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur
Dipantau, Kesiapan Rumah Tangga Sasaran Jalin Matra PK2
Surabaya - Tim Sekretariat Provinsi, Program Jalin Matra kegiatan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2), melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait kesiapan Rumah Tangga Sasaran (RTS) menjelang pencairan dana bantuan program.

Monev yang digelar pada awal September lalu itu diantaranya dilakukan di delapan desa lokasi sasaran, pada tiga kabupaten yakni Sampang, Probolinggo, dan Kabupaten Bojonegoro. Di kabupaten Sampang, Monev digelar di Desa Tapaan dan Terosan Kecamatan Banyuates.

Di Probolinggo, di Desa Sumber Kecamatan Sumber, Desa Selogudik wetan Kecamatan Pajarakan, dan Desa Randu Putih Kecamatan Dringu. Sementara di Bojonegoro, Monev digelar di Desa Bendo Kecamatan Kapas, Desa Pejok Kecamatan. Kepuh Baru, dan Desa Banjarjo Kecamatan Sumberjo.

Monev, seperti yang tertuang dalam pedoman umum Jalin Matra PK2, dilaksanakan guna memantau perkembangan pelaksanaan program, melakukan penilaian, mendokumentasikan berbagai kegiatan sekaligus menyusun tindakan perbaikan.

Selain oleh sekretariat provinsi, Monev juga dapat dilaksanakan secara berjenjang oleh Pendamping Desa, Pendamping Kabupaten, Pemerintah Desa, Sekretariat Kabupaten, dan Pendamping Provinsi, serta juga dapat dilakukan oleh Tim Independen yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Program Jalin Matra PK2 ini memiliki kekhususan dalam pengelolaannya, yaitu : dikelola untuk pengembangan potensi ekonomi produktif, sesuai dengan ekonomi spesifik kawasan, dilakukan secara kompetisi yang sehat, berbasis potensi lokal, mengedepankan kreativitas dan kearifan lokal, dana yang diberikan dilakukan secara bergulir, dan dilakukan secara berkelanjutan.

Kegiatan ini menyasar rumah tangga dengan status kesejahteraan 11-30% terendah (Desil 2 dan Desil 3) menurut data PPLS 2011 yang bersumber dari basis data terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). (red)
 
Copyright © 2009 - 2024 DPMD Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.